Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Diskominfo Kobar Dukung LKP Enter, Cetak SDM Siap Terjun ke Industri

0 71
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), memberikan dukungan kepada LKP Enter Pangkalan Bun, Jumat (4/12/2020). Dukungan diberikan dalam rangka persiapan menuju LKP berstandar industri.

Direktur LKP Enter Pangkalan Bun Siget Hariyanto menerangkan bahwa LKP merupakan satuan pendidikan vokasi nonformal penyelenggara pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecapakan hidup dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri ataupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kini LKP enter pun semakin dicari karena dunia kerja membutuhkan kompetensi, bukan sekadar ijazah.

“Aku bisa apa”, bukan “aku sudah belajar apa”, katanya.

Selain itu, LKP juga banyak diminati karena memiliki waktu belajar yang sangat fleksibel, serta instruktur. Tak hanya itu, keunggulan lain dari LKP adalah mudah melakukan kerja sama dengan industri sehingga kurikulum dan pembelajaran juga dapat cepat disesuaikan dengan kebutuhan.

Siget pun menjelaskan bahwa pemerintah memiliki harapan besar agar lulusan LKP enter dapat diserap atau menjadi wirausaha. Oleh karena itu, melalui dukungan Diskominfo Kotawaringin Barat, pemerintah menyelenggarakan program Pendidikan Kecapakan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW).

Siget Hariyanto menegaskan, kuncinya adalah wajib bekerja sama, yakni mulai dari penyusunan kurikulum bersama industri, alat yang disesuaikan dengan standar industri, instruktur dimagangkan di industri agar mengerti apa yang seharusnya diajarkan sesuai dengan kebutuhan industri, serta peserta didik wajib magang di industri. Sehingga, hasil lulusan LKP enter dapat sesuai dengan kebutuhan industri dan siap untuk diserap, terangnya.

“Dengan dukungan Diskominfo ini untuk meningkatkan kompetensi dan dibimbingan langsung, harapannya peserta akan lebih paham mengenai bagaimana standar-standar kerja yang ada di industri perhotelan. Adapun bagi peserta yang memang layak bisa diberikan sertifikat. Sehingga, LKP enter bisa unggul dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat,” kata Siget Hariyanto.

Kepala Dinas Diskominfo Kobar Rodi Iskandar Menyampaikan bahwa dalam menjalankan amanat Perpres No. 39 tahun 2019 menuju satu data Indonesia dinilai bermanfaat untuk menghindarkan terjadinya kekacauan pengelolaan data dan perlu dilakukan Sinergitas antara instansi yang berperan dalam penyediaan data dan Informasi yakni Bappedalitabang, Kominfo dan LKP. (Yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.