Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Disimak! Dr Fachruddin Bagi Tips Cara Menekan Penyebaran Varian Baru Virus Covid-19

0 108
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Dr Fachrudin membeberkan cara penanganan Covid-19 dan cara untuk menekan penyebaran mutasi virus atau varian baru virus corona yang sudah ditemukan menyebar secara global.

Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Dr Fachrudin mengatakan saat ini ada beberapa varian virus yang sudah ditemukan dan menyebar secara global, yakni varian B117 di Inggris, B1351 di Afrika Selatan yang merupakan hasil mutasi dari virus B117, dan varian P1 di wilayah Brazil.

Menurut Dr Fachrudin, upaya mencegah mutasi virus adalah dengan menghambat persebarannya, karena tingkat infeksi yang tinggi tentunya meningkatkan peluang terjadinya lebih banyak varian yang dihasilkan. Seberapapun kuatnya varian potensial virus, jika tidak ada peluang menularkan maka virus tersebut tidak akan membahayakan.

Iklan Ramadan BPN

“Saya selalu mengingatkan upaya 3T [tracing, testing, treatment] dan bagi masyarakat berpartisipasi dalam program vaksinasi untuk menumbuhkan imunitas secara spesifik,” katanya.

“Saya tidak akan lelah mengingatkan terus pentingnya protokol kesehatan, karena hal ini peting untuk dilakukan,” terang Dr Fachrudin, Kamis (29/4/2021) di gedung DPRD Kobar usai mengikuti sidang Paripurna.

Dr Fachrudin menambahkan demi mencegah dampak negatif dari mutasi ini, semua pihak disarankan tidak hanya menunggu hasil temuan ilmuwan saja, apakah varian tersebut lebih berbahaya atau sekedar mengetahui pola distribusinya.

Iklan Travel

Terlebih, Upaya proaktif melindungi diri dan orang di sekitar adalah dengan cara tidak melakukan mobilitas yang tidak perlu sehingga penularan dapat dicegah, sehingga mutasi pun bisa dicegah untuk terjadi.

Dr Fachrudin mengatakan, ada 10 kasus positif Covid-19 yang ditemukan di Indonesia baru-baru ini merupakan penularan dari varian baru B.1.1.7. varian mutasi baru ini sama dengan yang ada di India dan menyebabkan lonjakan kasus di negara itu.

“Soal mutasi virus baru yang menyebabkan kasus di India meningkat, bahwa virus itu juga sudah masuk di Indonesia. Ada 10 orang yang sudah terkena virus tersebut,” ujar Dr Fachrudin.

Meski demikian, Dr Fachrudin tidak secara spesifik menyebutkan mutasi dengan varian apa yang dimaksud, dari 10 orang yang terpapar Covid-19 dari mutasi itu, sebanyak enam orang di antaranya tertular dari luar negeri.

“Sementara yang empat orang adalah (tertular) lewat transmisi lokal. Yang ini yang kita perlu jaga, salah satunya ada di Kalsel,” kata Dr Fachrudin

“Empat orang yang tertular lewat transmisi lokal itu teridiri dari dua orang di Sumatera, satu orang di Jawa Barat, dan satu orang di Kalimantan Selatan, semoga tidak masuk di Kalimantan Tengah,” pungkasnya. (Yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.