Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Dishub Kalteng Tegaskan Tidak Ada Mudik Lokal

0 848
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PALANGKA RAYA – Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu telah mengeluarkan aturan peniadaan mudik khususnya Lebaran Tahun 2021. Oleh karenanya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menerapkan sejumlah kebijakan dalam melaksanakan aturan tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng Yulindra Dedy kepada awak media mengatakan bahwa acuan peniadaan mudik yakni berdasarkan Surat Edaran Kepala Satuan Tugas Nomor 13 Tahun 2021 tentang Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri dan pengendalian COVID-19 selama bulan Suci Ramadan 1442 H.

Serta mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19

Iklan Ramadan BPN

“Artinya jangan dipahami bahwa pergerakan di kabupaten/kota di Kalteng ini bisa seenaknya. Selain itu kita juga mengimbau agar ketaatan pada protokol kesehatan itu wajib dilakukan,” ucap Dedy pada Selasa (4/5/2021).

Iklan Travel

Dia menambahkan bagi warga yang mempunyai kepentingan sehingga harus melakukan perjalanan pada tanggal 6 – 17 Mei tentunya harus mengikuti protokol kesehatan serta mempunyai dokumen seperti hasil tes negatif covid-19 dari berbagai jenis seperti Antigen, Genos, SWAB.

Bepergian yang dimaksud sesuai PM Perhubungan No 13 Tahun 2021 adalah pengecualian terhadap aturan ini diberlakukan antara lain untuk penumpang yang memenuhi kriteria khusus seperti perjalanan dinas, bekerja, atau kondisi mendesak seperti: melahirkan dan kondisi sakit. Selain itu angkutan kebutuhan logistik juga diperbolehkan dengan hanya maksimal sopir dan satu kernetnya.

“Intinya yang kita harapkan dari Pemerintah agar masyarakat mengurangi pergerakan yang masif jelang mudik lebaran ini,” tegas Dedy.

Pihaknya juga menegaskan bahwa tidak ada yang namanya mudik lokal, yang ada adalah pembatasan pergerakan orang menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H.

Selain itu untuk kabupaten/kota tentunya telah bersinergi dengan Polres setempat dalam operasi Ketupat Telabang, pihaknya meminta agar bersinergi dengan operasi tersebut dibawah koordinasi dari Kepolisian.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.