Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Dinilai Potensial, Dekranasda Fokus Kembangkan Kerajinan Rotan dan Batik

0 25
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekarnasda) Kalimantan Tengah (Kalteng), saat ini berfokus pada penggarapan produk unggulan kerajinan rotan dan batik.

Hal itu disebutkan oleh Ketua Dekarnasda Kalteng sekaligus ketua TP PKK Ivo Sugianto Sabran dalam kesempatannya mengunjungi salah satu tempat UMKM di kota Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim).

“Saat ini kita berfokus pada produk unggulan kerajinan, yaitu batik dan rotan. Karena itu dari budaya masyarakat Kalteng, seperti batik diambil dari motif khas Kalteng dan rotan adalah bahan yang telah familiar oleh masyarakat kita. Tetapi fokus Dekarnasda yaitu membantu pemulihan ekonomi,” kata Ivo, Rabu 3 Maret 2021

Ivo mengungkapkan kunjungan tersebut sebagai bentuk dukungan kepada pelaku UMKM, tidak hanya sekedar berkunjung Ivo bahkan berniat membantu pemasaran secara online. Pemasaran secara online ini disebutkan Ivo agar produk-produk dari Sentra UMKM GEMA WIRA dapat lebih dikenal masyarakat serta diterima di pasar nasional dan bahkan internasional.

“Setelah saya melakukan peninjauan, packagingnya masih harus diperbaiki. Terkait pemasarannya, nanti kita bantu jualan online, kita buatkan website. Setelahnya akan ada bimbingan dari dinas terkait untuk memberikan edukasi lagi,” ungkap Ivo.

Ivo mengatakan dalam upaya pemulihan ekonomi, PKK telah melakukan berbagai upaya seperti sosialisasi, edukasi, dan ecoprint, seperti mengedukasi masyarakat untuk melakukan kegiatan membatik dengan bahan-bahan alami. Sebagaimana diketahui, Ecoprint sendiri merupakan teknik memberi pola pada kain dengan menggunakan bahan alami.

Dekranasda Provinsi Kalteng kini tengah fokus pada olahan rotan dan batik benang bintik yang merupakan budaya dari masyarakat Kalteng.

“Dalam recovery ekonomi, Bapak Gubernur telah banyak sekali program melalui Dinas Koperasi dan UMKM untuk membantu akses permodalan. Selain itu, dari bank, baik dari Bank Kalteng maupun dari Bank BUMN, membuka akses permodalan, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang minim,” imbuhnya Ivo. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.