Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Dinas Pendidikan Kotim Dapat Rp 31,3 M dari Gubernur Kalteng, Ini Peruntukannya

0 65
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur (Kotim) menerima bantuan uang tunai Rp 31.375.101.900  dari Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran.

Menurut Sugianto, bantuan tersebut bertujuan untuk menunjang dunia pendidikan di Kotim, terkhusus untuk tingkat SMA atau SMK sederajat melalui Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2021 agar dapat mewujudkan mutu pendidikan menuju Kalteng semakin berkah.

“Terkait dana bantuan tersebut kita akan koordinasi dulu dengan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Provinsi Kalteng, apakah nanti di buatkan kriteria sekolah yang menerimanya atau seperti apa,” kata Kepala Sub Bagian Perbantuan SMA dan SMK Dinas Pendidikan Kotim Asyari, Rabu 3 Maret 2021.

Sebelumnya, Disdik Kotim telah menerima DAK Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp 22,6 Miliar lebih. Dana alokasi itu bersumber dari APBN dan telah digunakan untuk pembangunan fisik reguler.

Pembangunan yang dimaksud yakni, Sangar Kegiatan Belajar (SKB) sebanyak 8 pekerjaan fisik, Taman Kanak-kanak (TK) sebanyak 9 pekerjaan fisik, Sekolah Dasar (SD) sebanyak 30 pekerjaan fisik dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 76 pekerjaan fisik.

“DAK adalah jenis transfer dana dari pemerintah kepada daerah yang bersifat bantuan spesifik (specific grant), berbeda dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH),” sebutnya.

Dialokasikannya DAK tersebut, didasari pada kenyataan bahwa pemerintah pusat tidak dapat mengarahkan daerah dalam penggunaan bantuan umum seperti DAU maupun DBH. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.