Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Diakhir Jabatannya, Bupati Kotim Lantik Sejumlah Damang dan Ketua Batamad

0 127
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Seusai berpamitan kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi yang akan purna tugas pada Rabu 17 Februari besok.

Diakhir masa jabatannya, Supian Hadi menyempatkan melantik sejumlah Damang dan Ketua Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad).

Pelantikan itu berlangsung di aula lantai 2 Setda Kotim, pada Selasa 16 Februari 2021 pagi. Adapun Damang yang dilantik yakni H Maslan Jelani sebagai penjabat sementara damang kepala adar kecamatan Parenggean.

“Selanjutnya ada Yater U Buli sebagai penjabat sementara damang kepala adat kecamatan Telaga Antang. Sementara pada kecamatan Cempaga diisi oleh Yunus, sedangkan damang kecamatan Kota Besi yaitu Bambang Hermanto. Dan terakhir sebagai penjabat sementara kepala adat kecamatan Teluk Sampit yaitu Sabri,” kata Supian Hadi

Dirinya mengatakan bahwa kedamangan mempunyai fungsi untuk menangkal budaya asing ditengah era globalisasi digital yang melanda anak muda.

“Saya berharap kedamangan bisa menjalankan tupoksinya dengan menjunjung adat istiadat agama dan budaya. Kita tidak bisa menahan era globalisasi ini tetapi kita bisa mengupayakan mempertahankan adat istiadat dan budaya kita sendiri,” ungkap Supian.

Dirinya juga berharap kedamangan di beberapa kecamatan kedepan bisa mempunyai kantor. Dia meminta kepada damang yang baru dilantik yang hanya dalam waktu hanya 6 bulan. Sampai persiapan pemilihan damang berikutnya. Agar bisa bekerjasama setingkat desa hingga kecamatan.

“Koordinasi sangat penting, damang sangat penting berperan dalam permasalahan adat. Damang juga berperan untuk menjaga keamanan. Sementara itu, Ketua Batamad Kotim yang dijabat oleh teman akrab saya saat menjadi anggota DPRD, Fitriansyah telah menjadi panutan anggotanya. Saya harapkan Batamad konsisten bersinergi dengan TNI dan Polri menciptakan rasa aman bagi masyarakat Kotim,” tutupnya. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.