Ultimate magazine theme for WordPress.

Cerita Asary Pemilik Kopi Along, Berbagi Tips Sukses di Bisnis Kedai Kopi

0 212
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Geliat usaha kedai kopi menunjukkan peningkatan yang signifikan. Berbagai macam kedai, mulai dari kedai dengan kopi sachet hingga kopi mahal buatan barista, semuanya menjadi pasar empuk pencinta kopi.

Hal ini yang diutarakan Muhammad Asary pemilik Kopi Along. Kata dia, selama kita memiliki niatan yang kuat dan modal yang cukup, punya kedai kopi sendiri bukan lagi mimpi.

Namun, apa saja ya yang perlu dipersiapkan? Berikut ia berbagi kiat.

Agar bisnis kedai kopi dapat berjalan lancar, lebih dulu harus menentukan target konsumen. Ini penting menurut Asary. Jangan sampai menentukan target konsumen secara asal-asalan.

“Sebab merekalah yang akan menjadi “gula” dalam bisnis kedai kopi alias sebagai pemberi untung! Cari tahu dulu, kira-kira target pasar mana yang akan kamu bidik,” ucapnya.

Apakah para mahasiswa yang suka kopi dengan harga terjangkau tetapi tetap asik buat nongkrong? Atau para pekerja kantoran yang biasa meeting dengan klien di kafe?

Setelah menentukan target konsumen, barulah bisa menentukan konsep kedai kopi. Termasuk menentukan lokasi dan harganya.

Asary menuturkan, memilih konsep kedai kopi yang unik, perlu pertimbangan matang. Karena nantinya, konsep tersebut akan menjadi identitas dari kedai kopi.

“Kalau tidak memiliki konsep yang unik, jangan berharap mampu bersaing dengan kedai kopi lain yang sekarang jumlahnya seabrek,” jelasnya.

Apalagi, kalau berencana membukanya di kota besar. Salah satu contoh kedai kopi yang bisa bertahan lama adalah kedai kopi yang dibubuhi dengan semangat nasionalisme. Misalnya membuka kedai kopi sederhana dan lebih merakyat.

Kopi yang disajikan di sini pun kopi lokal sehingga makin kental cita rasa Indonesia. Konsep seperti ini akan lebih bertahan lama karena ada keunikan yang dijual, dan harganya pun terjangkau. (Yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.