Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Catat! Pengendara di Bawah Umur Jadi Target Polisi

0 683
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Sering kali di jalan kita melihat anak-anak yang masih di bawah umur membawa kendaraan bermotor, yang paling umum terjadi di kendaraan roda dua.

Bahkan banyak dari mereka yang berkendara dengan berbonceng tiga, kebut-kebutan, tanpa memakai helm, ini sangat membahayakan keselamatan anak tersebut dan pengendara lainnya di jalan.

Karena masih di bawah umur, bisa dipastikan mereka tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) selain itu mereka juga belum mengetahui rambu lalu lintas dan cara berkendara yang aman.

Iklan Ramadan BPN

Personel Satlantas Polres Kotawaringin Barat (Kobar) di bawah komando kanit Patwal Ipda Hana Cahyadi mengatakan melakukan patroli dengan target pengguna kendaraan di bawah umur, Kamis (8/4/2021) pukul 09.00 WIB.

Sebagai acuan, yakni Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angakutan jalan (LLAJ), pasal 77 ayat 1 menjelaskan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki SIM, sesuai dengan kendaraan yang dikemudikan.

Ipda Hana Cahyadi, mengimbau kepada orang tua agar tidak memberikan izin kepada anaknya yang masih di bawah 17 tahun dan tidak memiliki SIM untuk mengendarai kendaraan bermotor.

Peran orang tua dalam keselamatan berlalu lintas sangat dibutuhkan, karena secara aturan yang berlaku, seseorang diperbolehkan mengendarai mobil atau sepeda motor apabila sudah berusia minimal 17 tahun.

“Jadi jangan diberikan kesempatan bagi anaknya yang masih di bawah umur membawa motor, apalagi ke sekolah, atau jalan umum lainnya karena sangat berbahaya,” terang Kanit Patwal Ipda Hana Cahyadi, (yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.