Ultimate magazine theme for WordPress.

Cairkan Dana Pilkada Kalteng Lebih Cepat, Mendagri Apresiasi Pemprov

0 164
WAROUENG SOELTAN PANJANG

 

INTIMNEWS.COM – Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian pimpin langsung Rakor Kesiapan Pilkada 2020 untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur serta Rakor penanganan Covid 19 , bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Minggu (19/07/20).

Rakor tersebut yang dihadiri oleh enam Dirjen Kemendagei, Gubernur Sugianto Sabran, Forkopimda Provinsi, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Sekretaris Daerah, Bupati dan Walikota se Kalimantan Tengah, serta para Asisten Setda dan Kepala Perangkat Daerah Terkait, mendengarkan arahan dari Mendagri.

Kegiatan itu juga dilakukan langsung melalui virtual Video Conference , Wakil Bupati dan Wakil Walikota , didampingi Ketua KPU, Ketua Panwaslu Kabupaten/ Kota serta pejabat terkait di daerah masing-masing.

Dalam laporanya, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Provinsi, melaporkan kepada Mendagri bahwa Kalimantan Tengah dalam kondisi siap melaksanakan Pilkada, terlebih dana NPHD telah dikucurkan Pemprov Kalteng sudah terealisasi 100 persen dan sudah melaksanakan berbagai tahapan awal.

Dalam sambutanya, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, bahwa langkah-langkah dan upaya dalam penyiapan Pilkada telah dilaksanakan dengan baik, dan Kalimantan Tengah siap melaksanakan tahapan pilkada, dengan tetap memperhatikan Protokol kesehatan Covid-19, hingga pengaturan protokol kesehatan oleh penyelenggara dengan baik.

“Kalteng siap melaksanakan Pilkada serentak, dengan memperhatikan protokol kesehatan. Kami juga Pemprov Kalteng dan Pemerintah daerah, terus berupaya untuk meminimalisir serta mengantisipasi potensi covid-19, dengan terus melakukan rapid tes, penanganan bansos, tracking hingga penanganan terus dilakukan, hingga upaya sosialisasi protokol kesehatan juga terus digalakkan,” kata Gubernur Sugianto Sabran.

Gubernur Sugianto juga berterimakasih kepada Mendagri bersama semua Dirjen Kemendagri yang datang dan hadir di Kalteng, memberikan arahan dan penekanan kepada penyelamggara pemilu, pihak keamanan, kepala daerah serta pemerinatah di Kalteng. “Dalam kunjungan pa Mendagri dan para Dirjen, memberikan arahan serta memaparkan mengenai kesiapan Pilkada serentak di Kalteng, kami mengapresiasi dan berterimakasih,” kata Sugianto Sabran.

Dalam arahanya, Mendagri Tito Karnavian, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, baik dalam penyiapan Pilkada, maupun upaya-upaya dalam penanganan kasus Covid-19 di Kalimantan Tengah.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan sudah cukup maksimal, sehingga Kalimantan Tengah benar-benar siap menyelenggarakan Pilkada , maupun penanganan Covid 19.

“Kami sudah mendapatkan laporan kalau Kalteng siap melaksanakan Pilkada. Mengenai anggaran dan kesiapan penyelenggaranya juga sudah siap, nah ini kami hadiri ke sidin memastikan. Ini luar biasa upaya Pemprov Kalteng baik dalam kesiapan penyelenggaraan Pilkada dan penanganan serta penanggulangan covid-19 di Kalteng,” kata Tito.

Ditengah situasi pandemi covid-19 ini, tambah Mantan Kapolri tersebut, harus ada kreatifitas dan inovasi dari kepala daerah dan pemerintah daerah dalam menanggulangi dan meningkatkan perekonomian di daerahnya sehingga dapat menjalankan roda perekonomian dan membantu masyarakatnya.

“Kami melihat langkah pa Gubernur sudah tepat, menyiapkan anggaran untuk penanggulangan covid-19, seperti menyiapkan PCR, laboratorium, rapid tes, penanganan pasien, alat APD dan tenaga kesehatan sampai rumah sakit. Kemudian kesiapan dalam anggaran lainya, termasuk melaksanakan bantuan sosial untuk masyarakat.

Termasuk juga upaya pemerintah daerah kabupaten/ kota lainya. Kesiapan Pilkada ini perlunya sinergitas yang kuat untuk menjaga agar jangan sampai adanya cluster baru, untuk itu dengan protkol kesehatan serta kelengkapan dari penyelanggara pemilu juga perlu dan wajib digunakan, termasuk pengaturan bagi warga mulai dari tahapan pendaftaran sampai pencoblosan,” ucap Tito.

Mendagri juga menyampaikan dalam Pilkada serentak seluruh Indonesia ini, juga mencari pemimpin yang tangguh dan bekerja keras dalam membangun daerah serta dalam mengendalikan covid-19 dan perekonomian di daerahnya.

“Pemilu di negara lain bisa melakukan, Indonesia juga mampu melakukan. Pilkada serentak di Indonesia saat ini juga bagian dari pencarian kepala daerah yang tangguh, yang bekerja keras, dalam membangun daerah serta perekonomian ditengah soruasi pandemi covid-19,” ucap Tito.

Titio juga mengapresiasi Pemprov Kalteng, yang sudah melaksanakan dana NPHD sudah tersalur 100 persen baik untuk KPU, Bawaslu, Kepolisian, TNI. “Kami cek laporan dan ternyata benar sudah 100 persen anggaran Pilkada disalurkan. Pemprov Kalteng dan Kotim Ini mungkin daerah yang pertama, sehingga tidak mungkin penyelenggara pilkada tidak jalan. Kami apresiasi dengan Pemprov Kalteng,” kata Tito. (rls)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.