Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

BNPB Sebut Kotawaringin Barat Menyimpan Potensi Bencana

0 53
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS, PANGKALAN BUN – Menurut indeks risiko bencana yang ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kotawaringin Barat masuk kategori indeks berisiko tinggi bencana. Daerah ini disebut menyimpan potensi bencana.

“Secara geografis wilayah Kobar terdiri dari laut, aliran sungai serta merupakan jalur lintas transportasi udara,” ujar Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah, usai Gelar Apel Pasukan Penanggulangan Bencana di Markas Kompi Senapan B Yonif Raider 631/Atg, Kamis (31/12/2020).

Menurutnya, ditetapkannya indeks risiko bencana di Kabupaten Kotawaringin Barat, langsung disikapi.

Iklan Ramadan BPN

“Kita antisipasi bencana. Hari ini langsung kita gelar apel siaga penanggulangan bencana alam,” ucap Ahmadi Riansyah.

Pemerintah bersama TNI-POLRI juga melakukan beberapa upaya terkait prevensi bencana. Salah satunya melalui simulasi menghadapi banjir dan kebakaran.

Simulasi bencana yang dilakukan juga didukung dengan beberapa fasilitas yang mendukung. Meski demikian, hal yang perlu dipersiapkan tidak hanya bersifat fisik atau logistik saja, melainkan juga dari sisi psikologi.

Pemerintah sendiri sudah bergerak secepat mungkin, tidak hanya dari sisi intervensi untuk penanganan bencana yang terjadi namun juga dalam usaha mitigasi. Dari segi peraturan dan kebijakan, terdapat Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah yang berkaitan dengan pengurangan risiko bencana dan penanggulangan bencana.

Di samping itu, terdapat lembaga pemerintah seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk bidang perencanaan dan pelaksanaan terkait penanganan bencana, terang Ahmadi Riansyah. (yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.