Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

BKSDA Minta Warga Waspadai Kemunculan Buaya di Sungai Mentawa

0 75
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pos jaga Sampit, Kotawaringin Timur kembali menerima seekor buaya muara panjang sekitar 1,4 meter yang ditangkap warga saat memancing di Sungai Mentawa. Warga pun diminta mewaspadai kemunculan buaya lainnya yang diduga masih ada di sekitar lokasi.

Komandan BKSDA pos jaga Sampit, Muriansyah mengatakan pihaknya perlu bekerja sama dengan masyarakat untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat kemunculan kembali buaya di Sungai Mentaya yang membahayakan keselamatan warga.

“Kami meminta masyarakat jangan membuang sampah rumah tangga ke sungai. Termasuk jangan membuang bangkai binatang ke sungai, buaya ada di sekitar sungai pemukiman itu adalah akibat. Dan jika penyebabnya tidak di tanggulangi juga, ya terus-terusan buaya akan datang ke lokasi tersebut,” ungkap Musriansyah, Kamis 24 Desember 2020.

Iklan Ramadan BPN

Hari ini, pihaknya kembali memasang jerat buaya di desa Bagendang Hulu. Ini dilakukan setelah beberapa hari lalu warga sempat diserang buaya. Pemasangan satu set pancing tersebut dilakukan dengan umpan satu ekor bebek.

“Sebelum memasang pancing jerat buaya, kami terlebih dahulu berkoordinasi dengan perangkat desa. Mengingat kandang ternak warga yang berada di tepi sungai sangat rentan diterkam oleh buaya. Tadi perangkat desa setempat akan memberikan penyuluhan dan imbauan secara tertulis kepada warga untuk memindahkan kandang ternak di tepi sungai,” katanya.
(jimmy)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.