Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

BKSDA: Jangan Beri Makan Buaya di Sungai Mentaya

0 54
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pos jaga Sampit berharap sebuah video amatir yang sedang viral memperlihatkan seekor buaya memakan bangkai hewan di sungai mentaya bukan dari pemberian warga.

Video buaya yang panjangnya diperkirakan sekitar 2 meter itu diduga berada di Desa Bengkuang Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Komandan BKSDA pos Sampit, Muriansyah berharap bangkai yang menjadi santapan buaya tersebut bukan dari diberi warga setempat.

“Mudah-mudahan bangkai binatang tadi bukan di beri warga. Jika warga yang memberi makan, maka buaya akan sering datang ke lokasi tersebut, yang nantinya akan membahayakan warga setempat,” ungkap Muriansyah, Rabu 17 Februari 2021

Pihaknya akan melakukan pengecekan ke Desa Bengkuang langsung. Untuk memastikan video tersebut. Setelah dari lokasi nantinya dan mendapatkan keterangan atau data tambahan. Pihaknya akan melakukan tindakan selanjutnya.

Kemunculan buaya di perairan dekat pemukiman akhir-akhir ini sering terjadi, menurut Muriansyah ada beberapa hal yang menyebabkannya, pertama ada aktifitas  warga yg memelihara ternak seperti ayam, itik, bebek di atas sungai atau tepi sungai.

Kedua ada aktifitas warga yg membuang sampah rumah tangga ke sungai dan terakhir adalah  kebiasaan warga membuang bangkai binatang ke sungai.

“Kalau dilihat dari video itu, penyebab datangnya buaya itu ada point ketiga, yaitu membuang bangkai ke sungai. Kita mengimbau kepada masyarakat jika mengetahui atau melihat buaya muncul  perairan dekat pemukiman warga, agar segera melaporkan kepada aparat desa,aparat keamanan, atau dapat langsung menghubungi petugas BKSDA. Kedua jangan sekali kali berusaha untuk menangkap buaya. Ketiga, jangan memberi makannya,” tegasnya. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.