Intim News
Portal Berita Politik & Ekonomi Terpercaya

Bima Santoso: Kotim Layak Jadi Ibukota Provinsi Baru

0 354

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Rencana pemekaran Provinsi Kalteng terus menuai prokontra. Meski masih bergulir secara politik, sejumlah pihak sudah mengancang ancang daerah yang tepat untuk menjadi ibu kota provinsi baru.

Anggota Komisi IV DPRD Kotim Bima Santoso berpendapat, Kotawaringin Timur adalah daerah yang paling tepat menjadi ibukota. Dalam draft pemekaran, Kalteng diusulkan dimekarkan menjadi Provinsi Kotawaringin.

“Terkait pemekaran Provinsi Kotawaringin bagus saja, otomatis perekonomian akan berkembang pesat di daerah-daerah yang menjadi bagian pemekaran. Dan juga daerah yang selama ini terisolir. Artinya kehidupan masyarakat akan berubah dan akan banyak sektor-sektor ekonomi baru bermunculan,” kata Bima Santoso.

Kepada awak media Bima Santoso juga mengatakan perlu melihat dari segi geografisnya mana saja daerah yang layak menjadi provinsi dan perlu dikaji lagi.

“Karena jangan sampai salah meletakan titik ibu kota provinsi. Saya cenderung Kotim layak menjadi provinsi baru dari segi geografis dan ekonomi sudah masuk,” katanya.

Tetapi ia juga menilai, tidak segampang itu. Pasti persaingan antarkota kabupaten tetangga akan mengusulkan dan meminta tempat mereka yang menjadi ibu kota provinsi.

Iklan Duka Cita

Dari informasi yang dihimpun akan banyak kabupaten sekitar yang akan berlomba-lomba mempersiapkan daerahnya untuk dijadikan ibukota provinsi Kotawaringin. Akan tetapi Kotim adalah kandidat terkuat. Kotim merupakan gerbang ekonomi yang sudah tidak diragukan lagi. (Adrianus)

Leave A Reply

Your email address will not be published.