Intim News
Portal Berita Politik & Ekonomi Terpercaya

Bawaslu: Pengawasan Pemilu Partisipatif Membangun Demokrasi yang Baik

9

INTIMNEWS.COM, PALANGKA RAYA – Sebagai lembaga pengawas pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) turut bertanggung jawab atas terciptanya proses demokrasi yang jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia.

Khususnya dalam rangka mengawal Pilkada Serentak pada tahun 2024 Bawaslu telah menyiapkan beberapa strategi pengawasan. Strategi pengawasan yang dimiliki oleh Bawaslu dimulai dari pengawasan partisipatif.

Oleh karenanya Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan kegiatan diskusi dengan tema “Pengawasan Pemilu Partisipatif Dalam Menghadapi Tahapan Pemilu/Pemilihan Serentak Tahun 2024” yang dilaksanakan di ballroom Swissbell Hotel Danum Palangka Raya pada Rabu, 2 Juni 2021.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng mengatakan bahwa program pengawasan partisipatif adalah upaya meningkatkan angka partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik.

“Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif menjadi langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi yang lebih baik,” ucap Satriadi.

Dia juga menambahkan bahwa baik dari sisi program kegiatan sosialisasi kepada masyarakat sampai pembuatan sistem aplikasi telah diimplementasikan Bawaslu untuk menekan potensi kecurangan.

Iklan Duka Cita

Adapun partisipasi dari masyarakat juga tentunya menjadi bagian dari proses berdemokrasi bagi masyarakat itu sendiri, sehingga dapat menciptakan demokrasi yang baik.

Comments are closed.