Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Barthel Usin Berpulang, Selamat Jalan Pejuang Pers Kalteng

0 75
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PALANGKA RAYA – Kabar duka datang dari dunia pers. Ketua Pembina Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalimantan Tengah Drs Barthel B Usin meninggal dunia, Jumat (18/12) di Rumah Sakit Betang Pambelum, Palangka Raya. Barthel meninggal di usia 57 tahun.

“Benar abang Bartel telah berpulang,” ujar Bridel, adik kandung Barthel.

Barthel lahir di Tumbang Nusa 24 Agustus 1963. Ia tercatat sebagai salah satu wartawan senior di Kalteng. Ia mengawali karier profesionalnya sebagai jurnalis di kantor berita Antara sejak masih remaja. Lalu berkiprah di koran Sinar Harapan dan Suara Pembaharuan. Ia juga pernah menjabat Sekretaris PWI Kalteng.

Selain sebagai jurnalis, Barthel juga dikenal sebagai pengusaha. Ia berkecimpun lama di Kadin. Atas dedikasinya di Kadin ia pernah diangkat menjadi ketua umum.

Dalam keluarga, ia dikenal sebagai sosok ayah yang pengayom, disiplin dan pendidik serta selalu menghargai pendapat anak- anak dan istrinya.

Sementara itu menurut H Sutransyah, wartawan senior seangkatan Barthel, mengaku dirinya mengenal sosok Barthel sebagai tokoh pers panutan.

“Beliau orangnya sangat sosial, sederhana, ramah, dan mudah bergaul sehingga dikenal banyak kalangan baik di lingkungan pers, pemerintahan maupun politik,” ujar Sutransyah.

Barthel di mata rekan rekannya adalah sosok yang gigih. Ia adalah pejuang pers yang telah berkiprah sejak era Orde Baru. Ia banyak mencurahkan pikiran untuk kemajuan dunia jurnalistik Kalteng sampai menjelang kepergiannya.

Sutransyah berharap, sikap keseharian Barthel ini dapat diteladani insan pers dalam menjalankan tugas jurnalistik secara profesional.

“Beliau tetap menjaga hubungan personal yang baik dengan semua pihak,” imbuhnya. (Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.