Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Banyak Nakes RSSI Suspect Corona, Rujukan ke IGD Dibatasi

0 572
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Sempat Beredar luas informasi yang menyebutkan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Sultan Imanudin (RSSI) Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, tidak menerima rujukan kesehatan.

Hal ini dibenarkan oleh Direktur RSSI, dr Fakhruddin. Ia menyatakan IGD RSSI tetap buka seperti biasa, namun hanya melayani kasus darurat dan yang membutuhkan pertolongan secepatnya saja.

“Tidak benar kalau semua tidak dilayani.
Khusus untuk kasus ringan, rujukan pelayanan kesehatan tetap dilakukan di rumah sakit/puskesmas yang ada di tiap daerah di kabupaten Kotawaringin Barat,” ucap Fachrudin.

Lanjut Fachrudin, kecuali emergensi tetap diterima. Sementara yang kasus biasa dirawat di RS (rumah sakit) masing-masing.

Menurutnya, pembatasan terpaksa dilakukan karena banyak kasus suspek Corona di IGD menunggu hasil PCR malam. Jika hasil PCR ini dominan negatif, maka IGD akan dibuka normal kembali.

Menurutnya, pembatasan pelayanan kesehatan itu lantaran di IGD sendiri banyak petugas yang diduga suspect COVID-19 sehingga perlu dilakukan tes PCR.

Fakhruddin mengingatkan kepada masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID – 19. Protokol kesehatan harus dijalankan karena potensi tertular atau penularan ada di mana-mana. (Yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.