Ultimate magazine theme for WordPress.
Satpol PP

Banjir Terjang 5 Kecamatan, Kotim jadi Tanggap Darurat

0 70
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah menetapkan sebagai wilayah tanggap darurat banjir. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Supian Hadi pada Senin, 14 September seusai penandatanganan Peraturan Bupati Nomor 29 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Penetapan status tersebut karena banjir semakin meluas. Hingga saat ini banjir tengah merendam 5 kecamatan di wilayah utara Kotim. Ke lima kecamatan tersebut yakni, Antang Kalang, Mentaya Hulu, Telaga Antang, serta Parenggean dan Tualan Hulu.

“Setelah penetapan status tanggap darurat kemarin, tim akan langsung ke lokasi dan memberikan bantuan kepada masyarakat. Saya juga meminta pihak kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera memperhatikan masyarakat terdampak bencana tersebut serta kebutuhannya,” kata Supian, Selasa 15 September 2020.

Iklan Tengah Berita KPU

Sementara itu, pelaksana tugas BPBD Kotim, M Yusuf mengatakan, untuk penangananya saat banjir pertama sebelum Covid-19 dalam status siaga telah ada diberikan bantuan, kemudian ada bantuan beras dari pemerintah melalui Dinas Sosial.

Dengan status ini, menurutnya, pemerintah bisa melaksanakan bantuan dengan dana BTT (belanja tidak terduga).

Ia mengaku, saat ini pihaknya masih mengumpulkan data-data dari 5 kecamatan tersebut. Mungkin bisa diberikan bantuan sembako, dan tidak menutup kemungkinan beberapa hari lagi akan ada penambahan.

“Paling lambat satu minggu ke depan kita sudah bisa berikan bantuan untuk 5 kecamatan yang terdampak banjir tersebut,” tegasnya. (jimmy)

 

Iklan Tengah Berita KPU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.