Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Bahas Pilkada, HMI Hadirkan Ketua Bawaslu dan KNPI Kalteng

0 102
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palangka Raya menggelar Diskusi Online bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Tengah dan DPD KNPI Provinsi Kalimantan Tengah dengan tema Peran Pemuda Menyongsong Pilkada yang Berintegritas Tahun 2020,

Ketua Umum HMI Cabang Palangka Raya, Riko Rahman mengatakan kontribusi pemuda dalam menyongsong pesta demokrasi sehat dalam pilkada sangatlah diperlukan. Namun sayangnya, banyak pemuda saat ini yang acuh terhadap politik.

Mereka terdogma bahwa politik cenderung berstigma buruk, bagi kebanyakan orang menganggap bahwa Pilkada hanya bicara soal menang dan kalah, juga bagi sebagian orang beranggapan bahwa pilkada adalah tempat taburan uang untuk memenangkan pertarungan kontestasi politik.

Iklan Ramadan BPN

“Dengan kondisi yang demikian, pemuda diharapkan turut andil untuk memperbaiki sistem pemerintahan di Indonesia bukan justru sebaliknya acuh dan tak mau tahu. Kondisi politik yang tak lepas dari money game perlu dobrakan pemuda agar lebih baik dari periode ke periode berikutnya. Pemuda adalah leader of change yang membawa kontribusi besar untuk kebaikan bangsa ini,” ungkap Riko, Rabu 24 Juni 2020.

Iklan Travel

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng, Satriadi mengatakan Pemuda bisa ambil bagian dalam Pilkada yang dilaksanakan di Kalteng Tahun 2020 ini, dengan menjadi pengawas pemilu. “Terkait stigma buruk masyarakat terkait politik kita harus mulai dari kita sendiri untuk merubah mindset publik,” katanya.

Lanjutnya, untuk mewujudkan Pilkada yang berintegritas, tentunya diperlukan sinergitas antara penyelenggara, peserta dan masyarakat. “Semua pihak harus terlibat dan memberikan contoh politik sehat dalam tahapan proses pilkada,” ungkap Satriadi.

Sementara menurut Ketua DPD KNPI Kalteng, Rahmad Handoko, Partisipasi pemuda dalam politik sangatlah perlu terutama partisipasi pemuda dalam menyampaikan gagasannya di dalam pesta demokrasi. Aspirasi pemuda yang bersifat konstruktif sangat diperlukan untuk kebaikan bangsa ini, terlebih pemuda adalah pemimpin masa depan.

Maka sangatlah baik bila sejak dini pemuda lebih dekat dengan kiprah dunia politik melalui menyalurkan aspirasinya dalam pesta demokrasi.

Pemuda memiliki peran yang strategis dalam politik di bangsa ini. Pemuda adalah sosok yang selalu menjadi pusat perhatian karena semangat juangnya yang tinggi dalam membela negara. Pemuda adalah tulang punggung bangsa yang diharapkan mampu memperbaiki masa depan bangsa ini menjadi lebih baik. Pemuda memiliki peran sentral dalam mendobrak kebuntuan politik.
(Redha)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.