Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Bahas Karhutla, Forkopinda Kotim Rakornas Bersama Presiden

0 27
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopinda) Kotawaringin Timur (Kotim) mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Dalam rakornas tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan hawa setiap tahun sejak 2015 lalu terjadi Karhutla yang besar. Menurutnya pelaksanaan tersebut rutin dilakukan setiap tahun seperti ini tujuannya untuk mengingatkan baik kepada para Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

“Terutama jika ada pejabat yang baru di daerah yang rawan bencana. Agar tidak lupa aturan main dalam kesepakatan 2016 silam. Kesepakatannya adalah disepakati oleh Pangdam, Kapolda, Kapolres dan Dandim agar tau dan aturan mainnya masih tetap sama. Kalau di wilayah saudara ada kebakaran dan membesar dan tidak tertangani dengan baik. Kesepakatan mainnya yaitu idi copot, atau di ganti,” tegas Jokowi, Senin 22 Februari 2021

Dirinya juga menyebutkan, bahwa saat inu bangsa Indonesia tengah menghadapi bencana banjur dan bencana longsor. Namun kewaspadaan terhadap Karhutla tidak boleh luntur.

“Kita rancang kewaspadaan yang detail dan eksekusi lapangan yang efektif. Bulan Mei diperkirakan masa transisi musim hujan ke musim kemarau. Pada bulan Mei dan Juli akan dilanda kebakaran hutan dan lahan, puncaknya pada bulan Agustus. Prioritaskan upaya pencegahan, jangan terlambat. Manajemen lapangan harus terkonsolidasi dan terorganisasi,” bebernya

Dirinya meminta, jika ada api kecil segara bisa ditangani. Menurutnya semua elemen terlibat harus digerakkan untuk melakukan deteksi dini. Infrastruktur monitoring juga harus berjalan sampai tingkat bawah.

“Libatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa untuk melakukan pencegahan. 99% kebakaran adalah ulah manusia, baik disengaja maupun tidak. Motif utamanya adalah ekonomi,” tutupnya. (*) 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.