Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Antisipasi Klaster Pilkada, KPU Kobar Rapid Test 6.218 KPPS

0 478
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Ribuan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di enam kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat akan menjalani rapid test massal, Kamis (12/11/2020). Rapid test dilakukan untuk mengantisipasi munculnya klaster baru Corona di TPS.

Ketua KPU Kobar Chaidir mengatakan, salah satu upaya dalam menerapkan protokol kesehatan adalah rapid test. Kata dia, protkes harus menjadi perhatian penting dalam pelaksanaan Pilkada Kalteng karena wabah Covid-19 belum berakhir.

Masyarakat juga diharapkan tidak menjadikan Covid-19 sebagai alasan untuk takut datang ke TPS. Menurut Chaidir, KPU telah menggelontorkan anggaran untuk kebutuhan protokol kesehata. Mulai dari baju hazmat, masker, sarung tangan, alat pengukur suhu tubuh, hingga tempat cuci tangan.

Iklan Ramadan BPN

“Termasuk petugas KPPS di enam kecamatan di Kobar juga bakal dilakukan rapid test. Jumlahnya KPPS di Kobar kurang lebih 6.218 orang,” kata Ketua KPU Chaidir.

Rencananya pelaksanaan rapid test akan dilaksanakan pada 29 November hingga 5 Desember mendatang. Sebelum hari H semua harus steril guna mengetahui kondisi para petugas KPPS yang akan bertugas saat pemungutan suara.

“Dengan begitu, hasil dari rapid test tersebut untuk menjamin semua KPPS tidak ada yang reaktif. Kalaupun ada yang reaktif, tentu bisa diantisipasi dan dicari pengganti secepatnya,” jelasnya.

Tidak hanya KPPS saja, lanjut Chaidir, KPU Kobar juga akan melakukan uji swab dengan PCR. Mengingat menjelang pencoblosan hingga setelahnya itu bakal sering bertemu dengan banyak orang.

“Maka kami memutuskan untuk swab. Ini semua dilakukan semata-mata penyelenggara Pemilu itu telah menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran dari pemerintah pusat,” pungkasnya. (Yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.