Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Abrasi Hantan Desa Keraya, Pemkab Kobar Janjikan Tanggul

0 61
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS, PANGKALAN BUN – Abrasi menghantam Desa Keraya dan mengakibatkan 7 rumah warga terancam roboh. Pemkab Kotawaringin Barat, Jumat (29/1/2021) menyalurkan bantuan untuk para korban.

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah didampingi BPBD dan PUPR Kobar, langsung terjun dan meninjau ke lokasi untuk memberikan bantuan paket sembako.

“Ini ada sedikit bantuan paket sembako dari Pemkab, semoga dapat bermanfaat,” kata Wabup.

Secara simbolis, bantuan diserahkan langsung kepada warga yang terdampak abrasi. Dalam kesempatan tersebut, Ahmadi Riansyah menyampaikan dalam penanganan abrasi jangka panjang akan merelokasi warga ke tempat yang lebih aman.

“Untuk penanganan sementara ini, kami akan membuat tanggul dari pasir yang di masukan dalam karung, ini darurat karena ada kemungkinan gelombang pasang akan terjadi,” ujarnya.

Sementara ini karena darurat, maka akan dibangun tanggul sementara menggunakan karung berisi pasir dan material lainnya.

Pembuatan tanggul sementara itu lanjut Ahmadi Riansyah, hanya untuk wilayah yang ada permukiman warga atau sepanjang 150 meter. Selain untuk mengamankan pemukiman warga, juga agar akses jalan tidak putus karena terjangan gelombang pasang.

“Akses jalan ini menghubungkan dua desa yakni desa Sebuai Barat dan Sebuai Timur, jika akses jalan ini tergerus oleh gelombang pasang, maka kita akan kesulitan menempuh akses ke dua desa tersebut, untuk itu saya minta BPBD dan Dinas PUPR Kobar segera kerjakan tanggul darurat hari ini juga, kita libatkan warga setempat untuk gotong royong,” tuturnya.

Sementara itu, satu di antara masyarakat yang terdampak abrasi, mengucapkan rasa syukur atas bantuan dan perhatian dari Pemkab Kobar. (yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.