Intim News
Portal Berita Politik & Ekonomi Terpercaya

85 Persen Infrastruktur Jalan Kalteng Dipastikan Dalam Kondisi Prima

0 6

INTIMNEWS.COM, PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus melakukan upaya pembangunan dari berbagai sektor. Infrastruktur salah satu yang menjadi prioritas dalam percepatan pembangunan.

“Selamat Hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang ke 64 tahun, mari kita terus membangun Kalteng, semakin Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis,” ucap Gubernur Sugianto.

Hingga saat ini, Pemprov Kalteng melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalteng menargetkan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan dalam kondisi prima pada tahun 2021, akan mencapai 85 persen.

Hal ini seiring dengan upaya pembangunan secara bertahap berjalan, meskipun ditengah situasi covid-19, upaya pemerintah dalam peningkatan pembangunan juga terus dilakukan.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalteng, Shalahuddin mengatakan, hingga saat ini pihaknya terus berupaya melakukan percepatan pembangunan jalan dan jembatan yang masih belum dalam kondisi mantap.

“Jalan yang masih belum dalam kondisi mantap terutama jalan provinsi, jalan menuju pelabuhan, dan jalan strategis provinsi lainnya akan diupayakan percepatan pembangunan. Ditargetkan pada 2021 ini mencapai 85 persen,“ ucapnya, Minggu (23/5/2021).

Iklan Duka Cita

Shalahuddin menjelaskan, peningkatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng dalam untuk mengembangkan sistem transportasi, struktur ruang, dan pemerataan pembangunan gedung.

Selain itu, juga akan menunjang pertumbuhan perekonomian kalteng, terutama pada sektor pertanian dan pedagangan.

“Hingga saat ini, pencapaian pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang telah dilaksanakan Pemprov Kalteng melalui Dinas PUPR Kalteng dalam program multy years pertama, telah mencapai 78 persen. Ini terus ditingkatkan lagi oleh Gubernur di berbagai daerah,” ucapnya.

Dikatakan Shalahuddin, Gubernur Sugianto Sabran, menyatakan untuk Multy Years pertama sudah kita laksanakan dari 2019 sampai 2020 kemarin. Kemudian dilanjutkan lagi pada 2020 sampai 2021, tahap kedua.

Kemudian di tahun 2022 untuk mempertahankan kondisi infrastruktur yang ada dan menyelesaikan 15 persen yang belum tercapai. Supaya kondisi infrastruktur jalan di Kalteng dapat benar-benar di atas 90 persen.

Selain akan meningkatkan perekonomian juga akan berpengaruh terhadap berkurangnya beban ekonomi masyarakat. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, seiring dengan terkoneksinya jalan nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

“Secara bertahap, keinginan Gubernur dalam membangun Kalteng melalui infrastruktur dapat tercapai. Apalagi nantinya didukung oleh pemerintah pusat dalam mendukung food estate di Kalteng, tentu ini menjadi kolaborasi yang luar biasa dalam percepatan pembangunan di Kalteng. Mohon doanya kepada masyarakat,” pungkas Shalahuddin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.