Intim News
Portal Berita Politik & Ekonomi Terpercaya

49 Desa di Kotim Masih Gelap, Ini Penjelasan PLN

0 56

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini masih memiliki desa yang belum teraliri listrik oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Menurut Manajer PT PLN Unit Layanan Pelanggan Sampit, Deddy Noveyusa. Sebanyak 49 desa belum terjangkau listrik.

“Kendalanya adalah pada pembangunan jaringan listrik. Luasnya wilayah dan rumitnya geografis menjadi tantangan yang harus ditaklukkan untuk membangun jaringan listrik. PLN terus berupaya agar perluasan jaringan ini bisa terealisasi,” kata Deddy, Senin 18 Januari 2021.

Disamping itu, infrastruktur di pelosok masih terbatas sehingga membuat transportasi terhambat. Bahkan masih ada beberapa desa yang belum bisa dijangkau melalui jalan darat sehingga bisa harus mengandalkan transportasi sungai.

“Kendala cukup berat yang dihadapi adalah masih minimnya ketersediaan akses jalan darat yang layak untuk pengangkutan material dan peralatan. Selain itu, terkendala izin pembebasan lahan atau tanam tubuh tanaman di sepanjang rencana jalur jaringan listrik,” bebernya.

Deddy berharap kendala-kendala ini segera ada solusi sehingga perluasan jangkauan jaringan listrik PLN ke seluruh desa semakin cepat. (jimmy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.