Ultimate magazine theme for WordPress.

2024, Food Estate Ditarget Rampung

0 76
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PALANGKA RAYA – Program Food Estate yang berada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas ditargetkan akan rampung pada 2024 mendatang. Hal itu disampaikan oleh Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Ir Bambang Pamuji, 5 Februari 2021.

Menurut Bambang, Food Estate yang direncanakan seluas 169 ribu hektar kini sudah terealisasi sekitar 30 ribu hektar. “Tahun 2020 kemarin sudah terelalisasi 30 ribu hektar, ini akan bertahap dan akan kita rampungkan paling lambat 2024 mendatang,” kata Bambang di depan wartawan usai melakukan peretemua dengan jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Aula Jaya Tingang, Palangka Raya.

Dari 30 ribu hektar lebih realisasi Food Estate kata Bambang, rata-rata sudah berhasil. Kendati masih menemukan beberapa kendala tekhnis di lapangan seperti persaoal irigasi.

“Ya memang ada beberapa kendala, tapi itu menjadi catatan kita agar menjadi bahan evaluasi dan bisa direncanakan pada tahap selanjutnya. Salah satunya mungkin persoalan irigasi yang perlu agar bisa mengatur debit air yang masuk ke lokasi pertanian,” jelasnya.

Namun kata dia, kendala tersebut akan segera dikoordinasikan dengan kementerian terkait yakni Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Itu nanti kita akan koordinasikan dengan PUPR, karena untuk infrastruktur merupakan kewenangan PUPR,” terang Bambang.

Selain itu Bambang juga menyebutkan bahwa masih ada petani dan masyarakat setempat yang berkeinginan menanam benih lokal. Namun kata dia itu merupakan hal yang wajar, karena masyarakat merasa sudah terbisa dengan bibit lokal.

“Ya namanya program, masyarakat bisa bertahap untuk beradaptasi. Tapi apa yang kita programkan ini semata-mata untuk kebaikan. Jadi mungkin membutuhkan waktu untuk dimengerti masyarakat,” bebernya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah, Fakhrizal Fitri mengatakan bahwa pertemuan tersebur dilakukan untuk melakukan evaluasi dalam rangkan penetuan langkah strategis ke depannya.

Dikatakannya, program Food Estate saat ini sudah mulai dirasakan oleh masyarakat setempat khususnya petani. “Itu yang akan terus disupport oleh pemerinta untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sendiri,” terangnya. (Andrian )

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.